RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
MA Bilingual Batu
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI IIS 1/ Ganjil
Materi Pokok : Klasifikasi Sumber Daya Alam Indonesia
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 45 menit)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong-
royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3 Menganalisis
sebaran dan pengelolaan sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan
pariwisata sesuai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
4.3 Membuat
peta persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata
di Indonesia
|
3.3.1
Menjelaskan klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifatnya, jenisnya, dan kelestariannya.
3.3.2
Menganalisis potensi dan
persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan, danpariwisatadi
indonesia.
4.3.1 Mengolah informasi tentang persebaran sumber
daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya
sesuai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
4.3.2 Menyajikan
laporan hasil pengolahan informasi tentang
persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan pariwisata
serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
dilengkapi peta
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Menganalisis
klasifikasi sumber daya.
2. Menganalisis
potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan, pertambangan, kelautan,
danpariwisatadi indonesia.
3. Menjelaskan
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
4. Menganalisis
pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan
5. Mengolah
informasitentang persebaran sumber daya kehutanan, pertambangan, kelautan, dan
pariwisata serta pengelolaannya sesuai prinsip-prinsip pembangunan
berkelanjutan
6. Menyajikan
laporan hasil pengolahan informasitentang persebaran sumber daya kehutanan,
pertambangan, kelautan, dan pariwisata serta pengelolaannya sesuai
prinsip-prinsip pembangunan
berkelanjutan dilengkapi peta
D.
Materi Pelajaran
Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
· Klasifikasi sumber daya.
· Potensi dan persebaran sumberdaya alam kehutanan,
pertambangan, kelautan, danpariwisatadi Indonesia.
· Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pembangunan.
·
Pemanfaatan
sumberdaya alam dengan prinsip-prinsippembangunan berkelanjutan
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model
Pembelajaran : Discovery Learning
3) Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi
F.
Media Pembelajaran
Media : Mindmap
materi sumber daya alam, atlas, peta persebaran potensi SDA
Alat : Selotip, Spidol
G.
Sumber Belajar
1)
P. Sindhu, Yasinto.2016. Geografi untuk SMA/MA Kelas XI.Jakarta:
Erlangga.
2)
Pengalaman peserta didik dan guru
3)
Buku referensi yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 19 (90 menit)
No
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
· Orientasi
-
Guru
mengucap salam dan memimpim berdoa
-
Guru menanyakan
kabar siswa dan siswa dicek kehadirannya melalui absensi
-
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran
· Apersepsi
-
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
· Motivasi
-
Siswa
diberikan motivasi berupa tujuan, manfaat dan
pentingnya mempelajari klasifikasi
sumberdaya alam dalam kehidupan sehari-hari
· Pemberian Acuan
-
Guru
memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
|
10
|
Kegiatan Inti
· Mengamati
(Observing)
-
Siswa diminta
untuk mengamati mindmap materi
Klasifikasi Sumberdaya Alam
-
Beberapa
siswa ditunjuk untuk mengungkapkan pendapat mereka terkait informasi apa yang
dapat mereka peroleh dari mindmap
tersebut.
· Menanya
(Questioning)
-
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi Klasifikasi Sumberdaya Alam yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati
· Mengumpulkan
Data (Experimenting)
-
Siswa memperhatikan dengan seksama materi Klasifikasi Sumberdaya Alam yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar (mindmap/peta konsep) yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
-
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Klasifikasi sumber daya yang
sedang dipelajari.
· Mengasosiasi
(Associating)
-
Siswa
menganalisa materi yang diperoleh sehingga dapat memahami Klasifikasi
Sumberdaya Alam
· Mengkomunikasikan
(Communicating)
-
Siswa
menyampaikan pendapat mereka terkait materi Klasifikasi Sumberdaya Alam
|
75
|
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Siswa
dibimbing guru untuk membuat kesimpulan tentang Klasifikasi Sumberdaya Alam
·
Siswa
ditanya tentang ada atau tidaknya kesulitan dalam pembelajaran hari ini
·
Guru
mengingatkan untuk mempersiapkan dan mempelajari materi berikutnya dan
pelajaran ditutup dengan berdoa bersama dan memberi
salam
|
5
|
4
|
Total Alokasi Waktu
|
90
|
I.
Evalusi
1). Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
Berdasarkan
pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam
proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh
guru. Berikut instrumen penilaian sikap:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama/Kolaborasi/Menghormati pendapat orang lain
• JJ :
Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria
=
100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 400
: 4 = 100 (maka predikat dari skor adalah Sangat Baik)
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
2) Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Peserta didik
mampu menjawab cepat dan tepat terkaitu materi Klasifikasi SDA
No.
|
Nama Siswa
|
Jumlah Skor
|
3)
Penilaian Keterampilan
Dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal
(100)
Guru Pamong
Aksarina
Shanti,
S. Pd.
NIK.
|
Batu, September 2018
Guru Praktikan
Yuli
Widiawati
NIM 150721602634
|
Mengetahui
Kepala
MA Bilingual Batu
Drs.
H. Farhadi, M.Si.
NI. 19670323 199603 1 001
PM
MATERI
Materi yang diajarkan adalah tentang
diantaranya: pengertian,
MEDIA
Media yang dibuat adalah mindmap/peta
konsep materi Klasifikasi Sumberdaya Alam di lembaran kertas.
|
RANCANGAN PEMBELAJARAN
tujuan• metoda/model• evaluasi
•Tujuan pembelajaran: Memahami Klasifikasi Sumberdaya Alam
•Metoda yang digunakan: Pendekatan Saintifik; Model: Discovery Learning)
•Cara mengevaluasi: Tes lisan terkait materi Klasifikasi Sumberdaya Alam
PENJELASAN MEDIA
kreativitas• cara pembuatan• spesifik
• Kreativias: Pembuatan dilakukan
dengan mendesain materi Klasifikasi
Sumberdaya Alam ke dalam bentuk mindmap/peta konsep.
• Cara
membuatnya: Dibuat manual di
lembaran kertas HVS yang didesain sedemikian mungkin menggunakan spidol
warna.
• Spesifik produk: Mindmap/peta konsep materi Klasifikasi Sumberdaya Alam dilembaran HVS yang
nantinya dapat ditempelkan saat melakukan pembelajaran.
TATA CARA
PENGGUNAAN MEDIA
Cara menggunakan media:
|
Mindmap/peta konsep materi Klasifikasi Sumberdaya Alam yang digambar pada lembaran HVS nantinya dapat
ditempelkan menggunakan selotip di papan atau dinding saat melakukan
pembelajaran. Sehingga ketika pembelajaran tidak bergantung pada proyektor, LCD
ataupun listrik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar