Senin, 26 November 2018

Tugas 4: UTS Produksi Media Pembelajaran Geo

Nama: YULI WIDIAWATI
NIM: 150721602634, Off.B, Matakuliah: Produksi Media Pembelajaran Geografi, Email: yuliwdwt@gmail.com, Tanggal: 11 Oktober 2018

Materi

Materi di dalam media ini yaitu tentang siklus hidrologi.

Langkah pembuatan media

Isilah langkah-langkah pembuatan media dan keterkaitan dengan metoda/model pembelajaran
Media ini dibuat dengan menggunakan kumpulan beberapa gambar yang diperoleh melalui internet kemudian dibentuk dan disusun sedemikian mungkin hingga membentuk suatu gambaran proses siklus hidrologi. Hal ini terkait dengan metode ceramah dan diskusi sedangkan model pembelajarannya berupa  Discovery Learning. Model tersebut sesuai dengan media yang dibuat karena siswa belajar untuk menemukan informasi baru dari pembelajaran yang dilakukan.

Manfaat dan sasaran

Manfaat

Manfaat media yaitu mempermudah siswa dalam memahami proses hidrologi

Sasaran

Sasaran media ini yaitu siswa SMA IPS kelas X.

Keunggulan dan kelemahan

Keunggulan

Keunggulan media ini yaitu media dapat ditayangkan menggunakan slide ppt dibantu laptop dan LCD proyektor. Selain itu jika tidak memungkinkan isi atau slide yang menampilkan gambar siklus hidrologi tersebut dapat cetak di kertas HVS.

Kelemahan


Kelemahan media ini yaitu saat meggunakannya memerlukan banyak peralatan seperti laptop dan LCD proyektor, dan yang paling penting adalah bergantung pada listrik. Jika listrik padam maka tidak dapat ditanyangkan dan jika di cetak akan banyak mengeluarkan biaya karena jumlahnya sesuai dengan banyak siswa. Selain itu media ini bersifat monoton atau tidak ada pengisi suara yang menjelaskan (hanya berisi info yang tertulis saja). Kelemahan lainnya yaitu media ini kurang menarik karena tidak bersifat tiga dimensi (3D) sehingga terkesan datar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 8

PM MATERI Materi yang diajarkan adalah tentang interaksi desa-kota. MEDIA Media yang dibuat adalah berupa ...