Selasa, 27 November 2018

Tugas 3 Aktivitas Sosial Kampus


TUGAS PERTEMUAN KE 7
Oleh : Yuli Widiawati (150721602634)/Off. B

    1.    Gunakan smartphone Anda: Pada pukul 14.30 WIB dilakukan pengambilan gambar/perekaman di perpustakaan pusat tepatnya di lantai 1 dan 2.
  2.  Data yang dipakai saat perkuliahan: Aktivitas penduduk mahasiswa di perpustakaan pusat Universitas Negeri Malang.
     3.     Tema : Aktivitas penduduk/mahasiswa di Universitas Negeri Malang
     4.      Jenis media: Audio visual 
     5.      Hasil media berikan catatan
a.       Judul media: Aktivitas penduduk (mahasiswa) Universitas Negeri Malang
b.      Ringkasan media:
-   Media/Video ini berdurasi 5 menit 53 detik yang direkam di perpustkaan pusat Universitas Negeri Malang
-       Video ini menceritakan tentang aktivitas mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan belajar dan pembelajaran di perpustakaan. Di dalamnya tersaji dengan visualisasi yang berbeda mulai dari berdiskusi langsung (face to face) secara kelompok, ada yang melalui digital atau komputer/laptop. Terdapat juga kegiatan belajar mandiri yaitu dengan membaca buku-buku, artikel, jurnal dan sejenisnya yang tersedia di perpustakaan.

c.      Digunakan untuk (murid kelas berapa):
Media ini dapat digunakan untuk kelas 10, 11, dan 12 karena di dalamnya berisi tentang aktivitas mahasiswa yang memanfatkan waktu luangnya untuk membaca buku, mengerjakan tugas dan berdiskusi. Melalui media ini dapat menginspirasi/mengajak siswa untuk memanfaatkan waktu luang dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak kampus maupun sekolah.

d.      Kekurangan dan kelebihan media tersebut
Kekurangan media
-   Media kurang menarik karena tidak ada keterangan atau pun efek-efek tertentu yang membuat hasil video lebih unik.
-      Hasilnya cenderung monoton dan terkesan sangat sederhana. Jika mengalami kesalahan terutama dalam pengisian audio/suara maka perekaman harus memulai dari awal lagi.
-  Hasil gambar/video buram akibat kurang focusnya kamera proses  pengambilan gambarnya.
Kelebihannya media
-  Waktu yang dibutuhkan untuk membuat media cukup singkat (tidak membutuhkan banyak waktu). Hal ini karena hasil perekaman tidak melalui proses pengeditan yang biasanya dalam proses tersebut membutuhkan banyak waktu.
-  Hasilnya terlihat lebih natural karena dapat menangkap suasana (suara dan gambar) secara nyata (tanpa dibuat-buat).
-    Menginspirasi serta  mengajak siswa lebih rajin lagi untuk berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.
-     Video memberi konten yang positif dikalangan pelajar.



Title: Header graphicsPM

MATERI

Materi yang diajarkan adalah variasi belajar dan pembelajaran di perpustakaan

MEDIA

• Media yang dibuat adalah audio visual
• Judul Media: Variasi belajar dan pembelajaran di perpustakaan
• Ringkasan Isi Media: Tentanag kegiatan belajar dan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa di perpustakaan. Di dalamnya tersaji dengan visualisasi yang berbeda mulai dari berdiskusi langsung (face to face) secara kelompok, ada yang melalui digital atau komputer/laptop. Terdapat juga kegiatan belajar mandiri yaitu dengan membaca buku-buku, artikel, jurnal dan sejenisnya yang tersedia di perpustakaan.
Digunakan untuk: Kelas X, XI, dan XII
Kekurangan Media: Media kurang menarik karena tidak ada keterangan atau pun efek-efek tertentu yang membuat hasil video lebih unik. Hasilnya cenderung monoton dan terkesan sangat sederhana. Jika mengalami kesalahan terutama dalam pengisian audio/suara maka perekaman harus memulai dari awal lagi. Sebagian gambar hasilnya buram atau kurang jelas akibat kesalah pengambilan gambar yang terlalu cepat/sering bergerak.
Kelebihan Media: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat media cukup singkat (tidak membutuhkan banyak waktu). Hal ini karena hasil perekaman tidak melalui proses pengeditan yang biasanya dalam proses tersebut membutuhkan banyak waktu. Selain itu hasilnya juga terlihat lebih natural karena dapat menangkap suasana (suara dan gambar) secara nyata (tanpa dibuat-buat). Menginspirasi serta  mengajak siswa lebih rajin lagi untuk berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.Video memberi konten yang positif di kalangan pelajar.



PRODUKSI MEDIA

Yuli Widiawati /150721602634/off.B

RANCANGAN PEMBELAJARAN

tujuanmetoda/modelevaluasi

•Tujuan pembelajaran: Mengenal variasi belajar dan pembelajaran melalui metode yang berbeda
•Metoda yang digunakan: Pendekatan Saintifik; Model: Discovery Learning)
Cara mengevaluasi: Melakukan review (tanya jawab) terkait audio visual yang dibuat

PENJELASAN MEDIA

kreativitascara pembuatanspesifik

Kreativias: Pembuatan video dilakukan dengan mengambil kegiatan mahasiswa saat di perpustakaan, di beberapa sudut perpustakaan pusat UM.
Cara membuatnya: Dibuat menggunakan smartphone tanpa aplikasi khusus atau pun pengeditan. Pembuatan hanya menggunakan penjedaan waktu untuk beralih ke gambar/visual yang berbeda.
Spesifik produk: Berupa audio visual yang menggambarkan aktivitas mahasiswa di perpustakaan pusat UM.

TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA

Cara menggunakan media: Hasil perekaman ditunjukkan dengan menayangkannya atau memutarnya menggunakan laptop dan LCD proyektor. Selain itu dapat juga dilakukan dengan mengirimkannya secara online (di upload) ke media sosial kemudian link media tersebut dibagikan ke siswa yang nantinya dapat dibuka menggunakan gadget yang dibawa siswa sebagai bentuk penerapan variasi pembelajaran dalam menghadapi generasi milenial ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 8

PM MATERI Materi yang diajarkan adalah tentang interaksi desa-kota. MEDIA Media yang dibuat adalah berupa ...