TUGAS PERTEMUAN KE 7
Oleh : Yuli Widiawati (150721602634)/Off. B
1. Gunakan smartphone Anda:
Pada pukul 14.30
WIB dilakukan pengambilan gambar/perekaman
di perpustakaan pusat tepatnya di lantai
1 dan 2.
2. Data
yang dipakai saat perkuliahan: Aktivitas
penduduk mahasiswa di perpustakaan pusat Universitas Negeri Malang.
3. Tema
: Aktivitas penduduk/mahasiswa di Universitas
Negeri Malang
4. Jenis
media: Audio visual
5. Hasil
media berikan catatan
a. Judul
media: Aktivitas penduduk (mahasiswa) Universitas Negeri
Malang
b. Ringkasan
media:
- Media/Video ini
berdurasi 5
menit 53 detik yang direkam di
perpustkaan pusat
Universitas Negeri Malang
- Video ini menceritakan
tentang aktivitas mahasiswa
yang sedang melakukan kegiatan belajar dan pembelajaran di
perpustakaan. Di dalamnya tersaji dengan visualisasi yang berbeda mulai dari
berdiskusi langsung (face to face)
secara kelompok, ada yang melalui digital atau komputer/laptop. Terdapat juga
kegiatan belajar mandiri yaitu dengan membaca buku-buku, artikel, jurnal dan
sejenisnya yang tersedia di perpustakaan.
c. Digunakan
untuk (murid kelas berapa):
Media
ini dapat digunakan untuk kelas 10, 11, dan 12 karena di dalamnya berisi tentang
aktivitas mahasiswa
yang memanfatkan waktu luangnya untuk membaca buku, mengerjakan tugas dan berdiskusi. Melalui media ini dapat
menginspirasi/mengajak siswa untuk memanfaatkan waktu luang dan memanfaatkan
fasilitas yang telah disediakan oleh pihak kampus maupun sekolah.
d. Kekurangan
dan kelebihan media tersebut
Kekurangan media
- Media kurang
menarik karena tidak ada keterangan atau pun efek-efek tertentu yang membuat
hasil video lebih unik.
- Hasilnya cenderung
monoton dan terkesan sangat sederhana. Jika mengalami kesalahan terutama dalam
pengisian audio/suara maka perekaman harus memulai dari awal lagi.
- Hasil gambar/video
buram akibat kurang focusnya kamera proses
pengambilan gambarnya.
Kelebihannya media
- Waktu yang
dibutuhkan untuk membuat media cukup singkat (tidak membutuhkan banyak waktu).
Hal ini karena hasil perekaman tidak melalui proses pengeditan yang biasanya
dalam proses tersebut membutuhkan banyak waktu.
- Hasilnya terlihat
lebih natural karena dapat menangkap suasana (suara dan gambar) secara nyata
(tanpa dibuat-buat).
- Menginspirasi
serta mengajak siswa lebih rajin lagi
untuk berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang telah
disediakan.
- Video memberi konten
yang positif dikalangan pelajar.
PM
MATERI
Materi yang
diajarkan adalah variasi belajar dan pembelajaran di perpustakaan
MEDIA
• Media yang dibuat adalah audio
visual
• Judul Media: Variasi belajar
dan pembelajaran di perpustakaan
• Ringkasan Isi Media: Tentanag kegiatan belajar dan pembelajaran yang
dilakukan mahasiswa di perpustakaan. Di dalamnya tersaji dengan visualisasi
yang berbeda mulai dari berdiskusi langsung (face to face) secara kelompok, ada yang melalui digital atau
komputer/laptop. Terdapat juga kegiatan belajar mandiri yaitu dengan membaca
buku-buku, artikel, jurnal dan sejenisnya yang tersedia di perpustakaan.
• Digunakan untuk: Kelas X,
XI, dan XII
• Kekurangan Media: Media kurang menarik karena tidak ada keterangan atau pun efek-efek
tertentu yang membuat hasil video lebih unik. Hasilnya cenderung monoton dan
terkesan sangat sederhana. Jika mengalami kesalahan terutama dalam pengisian
audio/suara maka perekaman harus memulai dari awal lagi. Sebagian gambar
hasilnya buram atau kurang jelas akibat kesalah pengambilan gambar yang
terlalu cepat/sering bergerak.
• Kelebihan
Media: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat media
cukup singkat (tidak membutuhkan banyak waktu). Hal ini karena hasil
perekaman tidak melalui proses pengeditan yang biasanya dalam proses tersebut
membutuhkan banyak waktu. Selain itu hasilnya juga terlihat lebih natural
karena dapat menangkap suasana (suara dan gambar) secara nyata (tanpa
dibuat-buat). Menginspirasi serta
mengajak siswa lebih rajin lagi untuk berkunjung ke perpustakaan dan
memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.Video memberi konten yang
positif di kalangan pelajar.
|
RANCANGAN PEMBELAJARAN
tujuan• metoda/model• evaluasi
•Tujuan pembelajaran: Mengenal variasi belajar dan pembelajaran melalui
metode yang berbeda
•Metoda yang digunakan: Pendekatan Saintifik; Model: Discovery
Learning)
•Cara mengevaluasi: Melakukan review (tanya jawab) terkait audio
visual yang dibuat
PENJELASAN
MEDIA
kreativitas• cara pembuatan• spesifik
• Kreativias: Pembuatan video dilakukan dengan mengambil
kegiatan mahasiswa saat di perpustakaan, di beberapa sudut perpustakaan pusat
UM.
• Cara
membuatnya: Dibuat menggunakan
smartphone tanpa aplikasi khusus atau pun pengeditan. Pembuatan hanya
menggunakan penjedaan waktu untuk beralih ke gambar/visual yang berbeda.
• Spesifik produk: Berupa audio visual yang menggambarkan
aktivitas mahasiswa di perpustakaan pusat UM.
TATA CARA
PENGGUNAAN MEDIA
Cara menggunakan media: Hasil perekaman ditunjukkan dengan
menayangkannya atau memutarnya menggunakan laptop dan LCD proyektor. Selain
itu dapat juga dilakukan dengan mengirimkannya secara online (di upload) ke
media sosial kemudian link media
tersebut dibagikan ke siswa yang nantinya dapat dibuka menggunakan gadget yang dibawa siswa sebagai
bentuk penerapan variasi pembelajaran dalam menghadapi generasi milenial ini.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar